3 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Indonesia memiliki tanaman-tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan dasar obat herbal/jamu, salah satunya adalah temulawak. Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Lalu apa manfaat temu lawak ini? Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang manfaat temulawak untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Dapat Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi masalah sistem pencernaan. Dimana, temulawak ini bisa merangsang cairan empedu di kantong empedu. Dengan demikian hal ini bisa membanti sistem pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh anda. Selain itu, menurut para ahli, temulawak ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang kurang lancar, dan meningkatkan nafsu makan anda. Bahkan, ada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology yang meminta para pasien yang mengalami pradangan usus untuk mengosumsi temulawak ini setiap hari. Alhasil, para pasien ini mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan para pasien lainnya yang tidak mengonsumsi temulawak. Kerenkan?

  1. Sebagai Antipasmodik

Perlu diketahui bahwa minyak dari temulawak ini memiliki manfaat sebagai antipasmodik. Dimana, antipasmodik ini adalah golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos. Jadi, temulawak ini bisa merileksasikan otot halus di usus serta mencegahnya dari kejang. Selain itu, obat antipasmodik ini biasanya bermanfaat untuk mengatasi kondisi Irritable Bowel Syndrome (IBS). IBS ini merupakan kondisi ketika usus besar mengalami gangguan akibat kontraksi otot yang tidak normal. Orang yang mengalami IBS ini akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, kram perut, sakit perut, kembung, dan diare

  1. Untuk Mengatasi Peradangan

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Pada temulawak ini terdapat senyawa anti radang yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Dimana, senyawa tersebut bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang dapat memicu peradangan akibat luka pada tubuh.  

Selain manfaat-manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya dari temulawak untuk kesehatan. Semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *