Mengenal Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar. Serta Hukum Belajar Dalam Islam

5 Tips agar Kamu Gak Gampang Mengantuk Saat Belajar, Apa Saja?

Belajar adalah kegiatan yang membutuhkan fokus tinggi, suasana yang nyaman, serta minim distraksi. Membaca doa sebelum belajar dan sesudahnya juga dapat membantu proses belajar.

Dalam HR Al-Baihaqi disebutkan bahwa mencari ilmu sifatnya wajib bagi setiap muslim laki – laki ataupun perempuan. Berdasarkan hadits tersebut terlihat sangat pentingnya belajar atau menuntut ilmu bagi setiap individu.

Berdoa supaya ilmu yang dipelajari bisa masuk kedalam pikiran, dapat dipahami dengan jelas, dan bermanfaat bagi kehidupan orang – orang sekitar. Terdapat 2 versi doa sebelum belajar yang dapat diamalkan, yaitu :

  1. Doa Pertama

“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidni ilmaa warzuqnii fahmaa”

Artinya : “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

2. Doa Kedua

“Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin”

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang – orang yang shaleh.”

Setelah melaksanakan kegiatan belajar, maka perlu juga ditutup dengan membaca doa. Berikut 3 versi doa sesudah belajar yang mudah untuk dilafalkan :

  1. Doa Pertama

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

2. Doa Kedua

“Allahuma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal bathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.”

Artinya : “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

3. Doa Ketiga

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal.”

Artinya : “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa – apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Lantas, bagaimana hukum belajar dalam Islam? Al-Qur’an dan Hadits membahas soal perintah yang mewajibkan bagi setiap Muslim baik laki-laki ataupun perempuan untuk menuntut ilmu supaya menjadi umat yang cerdas. Selain itu, belajar juga bisa dilihat sebagai ibadah karena sangat tinggi nilai dan pahalanya.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sungguh kiranya engkau melangkah kan kakinya di waktu pagi (maupun petang), kemudian mempelajari satu ayat dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun.

Sementara, dalam HR Turmudzi menyatakan bahwa, “Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.”

Begitu pentingnya belajar atau menuntut ilmu menurut hukum Islam membuktikan bahwa sebaiknya sebelum mulai belajar dan mengakhiri kegiatan menuntut ilmu tersebut harus dilakukan dengan doa. Supaya ilmu yang dicari bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain, serta mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Segala doa baik yang dipanjatkan secara terus menerus akan mendatangkan imbalan baik berupa pahala atas kerja kerasnya maupun dikabulkan segala doa – doanya. Karena itu, wajib bagi kamu untuk selalu memanjatkan doa berupa harapan rasa syukur kepada Allah SWT sebelum memulai segala kegiatan. Termasuk membaca doa sebelum belajar dan sesudahnya seperti yang telah dijelaskan diatas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *