Memasak Semur Jengkol Dengan Mudah di Rumah

Resep Semur Jengkol yang Empuk dan Gak Bau, Bikin Kalap!

Masakan tradisional Indonesia sangatlah banyak dan tersebar di seluruh penjuru negeri, setiap daerah rasanya memiliki masakan khasnya dengan citarasa tersendiri. Masakan Indonesia bahkan banyak digemari masyarakat lokal maupun Internasional, masakan tradisional Indonesia memang identik dengan kekayaan rempah sehingga menghasilkan citarasa yang unik dan khas terlebih lagi bagi masyarakat asing. Walaupun sebenarnya bagi masyarakat lokal pembuatan masakan tradisional Indonesia cukup mudah karena di daerah kita memang mudah mendapatkan bahan dan rempah untuk memasak masakan tradisional. Masakan Indonesia selain lebih nikmat juga memerlukan bahan yang  lebih mudah ditemukan jika dibandingkan dengan masakan internasional, kecocokan lidah masyarakat Indonesia juga akan lebih cocok rasanya dengan masakan indonesia dibanding masakan internasional. Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan masakan sendiri, salah satu masakan yang terkenal di Indonesia adalah masakan sunda dengan andalannya semur jengkol. Bagi sebagian orang mungkin jengkol bukanlah makanan yang spesial namun bagi sebagian besar orang jengkol merupakan makanan spesial yang mampu meningkatkan nafsu makan. Olahan jengkol yang sering kita temu adalah semur jengkol.

Semur jengkol merupakan olahan jengkol yang diberi bumbu semur atau kecap, dengan tambahan rempah khas indonesia menjadikannya lebih nikmat apalagi jika dimakan dengan nasi panas. Memasak jengkol sebenarnya cukup mudah, namun hal yang cukup rumit untuk dilakukan adalah merebus jengkol hingga lembek, karena untuk mendapatkan hasil yang pas perlu waktu yang cukup lama. Maka dari itu kini akan kita bahas cara untuk membuat semur jengkol dengan singkat dan mudah.

Bahan

Bahan yang digunakan sebenarnya sama saja seperti semur jengkol biasa, yang berbeda adalah pada metode perebusan yang diganti dengan penggorengan. Semur jengkol yang digoreng memerlukan waktu lebih singkat dibandingkan yang direbus.

  • Jengkol ΒΌ kg
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 3 buah
  • Jahe 1 ruas
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 1 batang
  • Cabai merah 5 buah atau bisa ditambah bila lebih suka pedas
  • Santan kental 3 sdm
  • Garam secukupnya
  • Kecap secukupnya
  • Kaldu bubuk

Cara membuat

Goreng jengkol yang sudah dicuci dan jangan lupa tutup wajan menggunakan tutup yang menutupi permukaan wajan, jangan terlalu sering membuka tutup, cek kematangan jengkol kemudian tiriskan dan geprek jengkol menggunakan ulekan agar lebih lembut dan membuat bumbu lebih meredap. Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih, kemiri, cabai merah dan jahe, tumis dan masukkan serai dan daun salam kemudian tumis hingga wangi dan matang, masukkan jengkol yang sudah digoreng kemudian beri sedikit air dan beri bumbu seperti garam, gula, dan penyedap secukupnya. Tambahkan kecap dan santan, tunggu hingga meresap dan koreksi rasa. Semur jengkol goreng siap disajikan.

Itu dia resep semur jengkol goreng yang lebih mudah untuk diikuti di rumah dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan semur jengkol biasanya. Masih banyak masakan sunda yang mudah untuk dibuat dan sangat lezat karena kekhasan rasa dari masakan sunda yang lengkap dengan rempah, untuk menemukan resep masakan lain masih bisa dengan mudah kamu temukan di internet yang membuat memasak menjadi lebih mudah dan sederhana. Jangan lupa untuk mencoba masakan daerah lainnya karena masih banyak juga jenis masakan tradisional Indonesia yang nikmat dan cocok untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *